PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH
SD NEGERI PAMEUNGPEUK
KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT
Apa yang harus diketahui pustakawan untuk mengelola
perpustakaan sekolah yang memenuhi standar dan dapat dimanfaatkan secara
maksimal merupakan tanggung jawab
Kepala Sekolah selaku administrator pendidikan
|
Kepala SDN Pameungpeuk sebagai administrator pendidikan sangat mendukung sekali
bagaimana mengelola perpustakaan sekolah yang memenuhi standart, agar
perpustakaan dapat dimanfaatkan secara optimal. Adalah menjadi tanggung
jawab kepala sekolah untuk mengambil kepemimpinan di dalam mengembangkan
perpustakaan sekolah yang memenuhi standar. Maka dari itu kepala SDN Pameungpeuk telah menganjurkan kepada petugas Perpustakaan selaku pengelola Perpustakaan di SDN Pameungpeuk hal-hal sebagai berikut :
(1) perpustakaan
sekolah sebaiknya berada dibawah seseorang/staf
sekolah yang terlatih dan terdidik dengan baik dalam bidang
perpustakaan;
(2) perpustakaan sekolah harus memiliki sejumlah buku “reference”
yang cukup (termasuk ensiklopedia, atlas, kamus dan sejenisnya),
sejumlah buku dari semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah (yang
patut digunakan sebagai bacaan pelengkap siswa) dan bahan-bahan umum
yang terseleksi sesuai dengan minat dan kebutuhan pengunjung.
(3) memakai
suatu sistem klasifikasi tertentu yang memadai, dimana koleksi (buku)
diklasifikasi, di label, dan di “shelving” berdasarkan sistemyang mudah digunakan dan dioprasionalkan
(4) adanya perlengkapan yang memadai dalam bentuk ruangan,
peralatan dan bahan-bahan untuk mereparasi, disampinng itu jugayang sangat mendukung sekali harus adanya komputer Laptop, Printer Scanner dan Jaringan Internet
(5) melengkapi dan mengejakan suatu “record system”
yang meliputi catatan peminjaman dan pengembalian, catatan-catatan buku
yang hilanng, rusak atau di sortir karena tidak layak dibaca oleh anak atau pengunjung.
(6) melengkapi dengan sejumlah
fasilitas untuk membeli buku-buku termasuk publikasi dan informasi lain
tentang buku-buku yang baru diterbitkan;
(7) adanya perlengkapan bagi
siswa, termasuk jadwal yang lengkap, Majalah dinding, Media Elektronik, Media Cetak dan Kartu keanggotaan yang telah diregistrasi dengan memakai logo SD NEGERI PAMEUNGPEUK.
Untuk mengelola perpuskaan sekolah, kepala sekolah perlu juga membuat dan menetapkan bidang-bidang yang berkaitan dengan perpustakaan. Bidang-bidang
tersebut meliputi: bidang “personil dan Struktur Organisasi Perpustakaan dan Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.
Dalam Bidang “personnel” Kepala
Sekolah harus memahami kualifikasi personil yang akan memiliki
kemampuan orgasisator,administrator,liararian, serta seorang
personnel-worker bukan hanya duduk dan diam saja, melainkan harus mempunyai pandangan kedepan bagaimana menata perpustakaan agar menjadi pusat kegiatan bagi anak-anak / pengunjung
Kesuksesan perpustakaan sekolah sebagai sarana penunjang pendidikan
dan pengajaran di sekolah sangat tergantung pada kualifikasi personil
perpustakaan itu sendiri. Mengingat hal tersebut,
kepala sekolah SDN Pameungpeuk sangat menaruh perhatian pada personalia dan
pengelolaannya, yakni:
(1) memilih pemimpin atau kepala perpustakaan
yang tidak hanya sebagai seorang pembagi buku (dispenser of books), namun lebih dari itu adalah seorang pemimpin perpustakaan, organisator, guru, administrator, dan seorang personnel-worker;. Disamping itu ia tidak hanya sebagai seorang “librarian”
yang terlatih dan terdidik dalam bidang perpustakaan, namun juga harus
mengerti dan memahami bagaimana memberi stimulasi kepada siswa dan guru
untuk memanfaatkan pemakaian perpustakaan secara maksimal
(2) Menggembangkan perwakilan perpustakaan siswa untuk membantu Pustakawan dalam menjalankan tugasnya di buat secara struktur dan terorganisir tetapi tidak mengganggu aktifitas belajar siswa tersebut.
Dalam Bidang Pelayanan Kepala Sekoplah selaku Programere pelaksanaan pendidikan di sekolah, maka tugas kepala sekolah dalam bidang “service”
akan terlaksana dengan baik apabila mempertimbangkan hal-hal berikut
ini:
(1) mengenal, memahami dan mengembangkan peranan perpustakaan
dalam rangka mengembangkan program pengajaran;
(2) mengenal masyarakat,
negara, dam lembaga perpustakaan nasional
(3) menyediakan secara
memadai dan menarik, ruang/gedung dan perlengkapan perpustakaan;
(4)
menyusun jadwal agar pelayanan perpustakaan agar pelayanan lebih
efektif
(5) membantu pimpinan perpustakaan sekolah dalam mengembagkan policy,
penyusun staf, dan disiplin dalam perpustakaan.
(6) Kepala sekolah
memiliki tanggung jawab untuk menstimulasi dan membimbing stafnya
bekerja sama dengan pimpinan, serta membentuk ‘ Team” untuk
memilih dan memesan buku-buku baru bagi perpustakaan memutuskan
bahan-bahan koleksi mana yang boleh “dicabut” dari perpustakaan untuk
keperluan pengajaran di kelas, serta membantu mengembangkan
peraturan/tata tertib serta penjadwalan;
(8) Menyediakan biaya secara
memadai berdasarkan anggaran tahunan, juga dengan perencanaan yang dapat
dikerjakan (aplicable)
Dalam Bidang “using dan user” kepala sekolah perlu memperhatikan masalah penggunaan (using) perpustakaan sekolah terutama ditujukan kepada “user”
(siswa). Perlu petunjuk tentanng penggunaan buku, bagaimana cara
mencari buku yang dibutuhkan, penggunaan buku katalog, penggunaan buku
reference, serta pembuatan bibliografi dan penempatan catatan. Oleh
Karena itu dengan penggunaan perpustakan sekolah hendaknya:
(1) kepala
sekolah meluangkan waktu untuk perpustakaan untuk mengadakan observasi
terhadap kemampuan siswa menggunakan bahan-bahan pustaka dan ruang
lingkup penggunaanya;
(2) kepala sekolah mengharapkan kepada seluruh
staf sekolah untuk selalu mengetahui perpustakaan dan bagaimana
menggunakan bahan-bahan pustaka untuk kegiatan belajar mengajarnya;
(3)
kepala sekolah selalu mengadakan bimbingan bacaan di dalam memajukan
bacaan siswa dan mengadakan “cheking” dengan pimpinan
perpustakaan.
(4) kepala sekolah berusaha mengembangkan penggunaan
perpustakaan sekolah dengan melaksanakan supervisi pengajaran terhadap
guru-guru.
Kegiatan akhir dari pengelolaan perpustakaan adalah kegiatan evaluasi
perpustakaan sekolah. Evaluasi perpustakaan harus didasarkan pada
kriteria yang berkaitan dengan staf perpustakaan, penggunaan
perpustakaan oleh murid, administrasi dan organisasi perpustakaan,
pemilihan materi perpustakaan, dan karakteristik khusus dari layanan
materi perpustakaan,
Demikian Pos kali ini mudah-mudahan berguna bagi para pembaca Blog ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar